Schlumbergerventure : Journey to Schlumberger (Part 3)

Okay. Maaf nih bagi yang nungguin sambungan dari Schlumbergerventure Part 2 gue baru bisa posting lagi sekarang. Kebetulan sekitar sebulanan ini lumayan sibuk sama kegiatan pre-employmentnya Schlumberger. But nevertheless i am trying to spare my time to write this story :)

Cerita postingan lalu berhenti sampai gue dinyatakan tidak masuk dalam shortlist Schlumberger pada posisi Field Service Assistant. Sampe disini gue sih ngerasa baik-baik aja karena gue tau dari awal manajer gue udah bilang dia cari yang berpengalaman sedangkan gue fresh graduate. Nothing to lose lah ceritanya. Nah, setelah itu gue rajin kontak sama rekruiter gue, Bu Krisdiana, untuk sekedar kasih informasi tentang hasil interview user kemarin dan bertanya soal kedepannya gue gimana. Tadinya gue bingung apakah gue jadi gugur status recruitmentnya karena gue baru aja nggak keterima user atau gimana nih? Untungnya Bu Kris kasih informasi ke gue bahwa ternyata gue tetep akan menunggu user interview di posisi gue sebenernya. Akhirnya gue dapet informasi kalau bulan Agustus kembali akan diadakan proses rekrutmen di kampus gue dan menurut instruksi dari Bu Kris, gue tinggal ketemu sama manajer rekruiting yang baru (Bu Stefany, karena Bu Kris sekarang sudah menangani rekrutment untuk experienced) dan bilang bahwa gue sudah lulus interview HR kemaren. Seneng lah ketika akhirnya ada instruksi seperti itu. Rekrutment Schlumberger yang kedua dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2013, tepat satu hari sebelum gue sidang akhir pada saat itu. Sayang banget beberapa temen gue yang niat ikut jadi harus batal karena terbentur jadwal sidang akhir mereka. Tunggulah tahun depan kawan, Schlumberger akan balik lagi ke kampus!

Singkat cerita rekrutment dimulai, gue tetep ikut introduction presentation seperti biasa. Gue ketemu mas Panggih untuk kedua kalinya. Sampai akhirnya tahap short interview dimulai. Gue tunggu aja sampai Bu Stefany ada waktu kosong jeda nunggu tahap rekrutment berikutnya. Langsung deh gue samperin dan mencoba kasih informasi tentang status gue di rekrutment Schlumberger dan cerita gue sama Bu Kris. Bu Stefany akhirnya approve gue untuk maju ke user interview. Tapi sebelumnya gue ditanya apakah gue yakin mau tetep ambil posisi LT (Lab Technician). Bu Stefany bilang kalau gue sabar untuk nunggu posisi ini sekitar 1-2 tahun kedepan, oke nggak apa-apa gue tetep nunggu karena untuk rekrutment LT tidak sebanyak dan sesering FE/FS maupun ME/MT. Akhirnya gue ambil keputusan untuk maju sebagai FS saja. Gue ambil pilihan yang dulu sebenernya pengen gue ambil sebelum gue memutuskan untuk ambil posisi LT. Temen gue, Adri, juga kasih saran ke gue untuk ambil FS waktu itu. Jadi, setelah hari itu gue berubah status menjadi calon FS menunggu jadwal user interview untuk posisi Field Specialist Well Services Stimulation Segment.

Besoknya, Rabu tanggal 21 Agustus 2013, gue sidang. Alhamdulillah sidang berjalan dengan lancar dan bahkan sidangnya berjalan lancar diluar perkiraan gue dan gue dinyatakan LULUS. Beberapa hari setelah itu gue dapet email undangan untuk mengikuti user interview di Manggar Base, Balikpapan. Gue barengan 4 orang temen lainnya sama-sama interview untuk posisi yang sama dan kita juga nggak tau kebutuhan FS-nya berapa. User dimulai jam 2 hingga sekitar jam 4 sore. Seharusnya kita berlima akan diinterview langsung dengan Mr. Syahir Lutfi Chan, Manajer Operation Schlumberger (KAL). Tapi saat itu beliau sedang ada meeting mendadak sehingga digantikan oleh Mas Febri, Mas Kristo, dan Mbak Aidura, Engineer WS. Gue dan temen gue, Pandu, sempet takut juga melihat interviewer yang masih muda dan berjumlah tiga orang lagi. Kita mikirnya bakal kayak sidang akhir nih, ditanya-tanya yang susah susah. Apalagi setelah melihat temen gue yang urutan pertama interview. Serem. Tapi Alhamdulillah banget, gue bersyukur ternyata proses interview gue berjalan lancar. Santai tapi tetap terjaga kontennya. Bahkan ada satu hal yang gue nggak kepikiran bakal disuruh. Jadi kalau lu ngikutin blog gue, pastinya udah sempet tau kalau gue bekerja sebagai penyiar radio di salah satu radio musik Samarinda selama kuliah. Ketika mereka membaca CV gue dan disitu tertulis gue pernah kerja di radio, gue langsung disuruh siaran! Yak, benar gue harus memperagakan bagaimana gue siaran di depan interviewer gue. Hahaha.. Pengalaman yang lucu dan unforgettable. Akhirnya setelah selesai, sebelum gue keluar pintu, gue ditanya menurut gue kira-kira lulus interview nggak? Sempet mikir sebentar dan gue jawab aja dengan mantap, "i think i am doing great back there, but the decision is yours. So i don't know whether i'm pass or not, yet."

Dari pengalaman ini gue bisa bagi sedikit tips lah bisa dibilang untuk interview dimanapun. Sebenernya kalau coba googling juga banyak tuh tipsnya tapi yang ini khusus buat yang nyasar ke blog gue. Hahaha!
  1. Attitude is still #1! Sikap ini masih menjadi penilaian utama disamping apa yang ada di otak kamu. Jadi ketika masuk ruang interview sebisa mungkin sapa mereka duluan (interviewer), senyum, dan jabat tangan mereka. Hal ini menandakan kamu menghormati mereka. Duduk ketika dipersilahkan duduk, namun apabila tidak ada instruksi mempersilahkan kita duduk, duduklah di kursi setelah kita menyapa dan menjabat tangan mereka
  2. Jaga posisi tangan dan kaki tetap rileks. Jangan mengetuk-ngetukkan kaki, dsb
  3. Jaga posisi tubuh tetap tegap namun jangan tegang dan kaku
  4. Usahakan jawab pertanyaaan yang diajukan dengan singkat dan padat. Namun apabila interviewer meminta penjelasan maka jelaskan saja
  5. Jaga nada suara tetap tenang dan usahakan tetap senyum namun serius. 
  6. Sebisa mungkin lakukan riset kecil tentang posisi/job yang akan kamu isi. Hal ini walaupun kecil tapi pengaruhnya besar terhadap hasil wawancara
  7. Coba berlatih. Beberapa pertanyaan dasar pastilah akan ditanyakan ke kita seperti: describe yourself, your weaknesses, etc. Jadi penting untuk berlatih duluan apalagi jika interview dilakukan dengan bahasa inggris agar jawaban kita nantinya bakal terdengar mantap!

Setelah kami berlima selesai melakukan intevrview semua, masing-masing langsung kembali ke Samarinda. Gue sampai di Samarinda lagi sekitar jam 8 malam dan gue langsung kasih kabar ke Bu Stefany, Bu Kris, dan Mas Panggih bahwa gue udah selesai user interview dan sedang menunggu hasilnya beberapa hari ini. Setelah itu gue langsung memutuskan untuk tidur. Besok paginya gue berencana pergi ke kampus untuk bayar biaya wisuda dan ada sedikit kegiatan di Jurusan.  Nah dari pagi ponsel gue udah nggak berhenti ada sms masuk dan telepon dari temen-temen yang kemaren sama-sama user interview di Balikpapan. Gue udah ditanyain lulus apa enggak interviewnya. Gue udah disuruh cek ada email dari Mas Panggih nggak? Belakangan gue tau, ternyata temen-temen yang nggak masuk shortlist untuk posisi ini udah dapet kabar duluan malam harinya langsung. Karena banyak yang nanyain dan gue juga penasaran sih, gue bukalah email gue dan ada satu email baru dari Bu Stefany. Gue buka lah. Isinya kurang lebih begini:
"Okay, Rizaldi you did well on the interview. Congratulation for you!. Now please wait for further information from us."
Email balasannya ini gue liat dikirim sekitaran 5 menit dari gue kirim email ke Bu Stefany. Haha. Kalau gue tungguin tadi malem gue bisa tau duluan nih ya! Wah langsung deh tuh gue loncat-loncat karena seneng. Alhamdulillahirrabbil Alamiin.. #SujudSyukur

Nah, cerita untuk part 3 nya ini gue potong lagi nih sampai disini ya. Keep spirit lah buat temen-temen rekrutment Schlumberger seluruh Indonesia. Keep strive for the best! Stay tuned for the Schlumbergerventure part 4!! Have a good day everyone! Cheers!

Comments

  1. Keren Sob,
    Salam kenal by info-lomba :)

    ReplyDelete
  2. Mantap mas dari part 1 sampai 3 sangat membantu saya.mas rizal ane lg nunggu khabar ni buat interview user, teman2 ane udah ada yg dapat email tapi isinya ga lolos, gw blom dapat email apa2 euy, jadi bingung lolos interview hr atau ga.
    mau nanya donk mas, kebetulan ane juga ambil FS, kmaren pas interview user ditanya apa saja mas? buat nambah2 referensi..hehehe
    Thank you ya,sukses di slb..

    salam, jusman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much, Jusman!! I am happy to hear that this post actually helps people :) Yuk kalau mau sharing ke email ane aja yak, ke rizaldi.fr@gmail.com biar enak! Ditunggu emailnya

      Cheers,
      Rizaldi Rachman

      Delete
  3. Thank you bro, we're connect now on googleplus. see you

    ReplyDelete

Post a Comment